From Zero to Living Legend: Obama

Saya pernah gagal dalam kuliah. Sedih sekali harus mengulangnya lagi dan menahan malu. Lalu seorang kakak angkatan saya bilang, "menjadi orang sukses itu biasa, yang hebat itu mampu bangkit menghadapi kegagalan dan memperbaikinya. Tidak semua orang mampu melakukannya." Saya sedikit bingung dan mengiyakannya saja saat itu. Namun sekarang saya baru sadar, dia sangat benar. Saya harus segera berterima kasih padanya karena sudah menyemangati saya menghadapi kegagalan.

Sama dengan Obama, bukan hebat mampu memenangkan pemilu presiden AS tahun 2008 lalu, namun hebat karena mampu bangkit dari kerusakan moral saat remaja, kegagalan karier, dan diskriminasi ras terhadapnya, menjadi seorang living legend dunia. Siapa sangka, seorang anak ras negro yang hidup di tengah masyarakat kulit putih yang rasis, kadang berpindah-pindah negara, pernah mengkonsumsi narkoba, pernah gagal dalam pencalonan, dapat sukses menjadi presiden kulit hitam termuda pertama negara adidaya itu? Siapa sangka?

Obama adalah inspirasi remaja. Dia mampu memberi contoh kepada kita bahwa semua orang bisa menjadi nomor 1 walau sebelumnya bahkan tidak pantas untuk dilirik.

Selamat datang di Indonesia, Barack Obama. Semoga energi positifnya menular pada kami. :D