TwitRadio #3: 3 Akun Teman Puasa

Tadi dari jam 21.00 hingga 23.00 WIB, walau suara hampir hilang dan batuk-batuk melulu, saya tetap semangat on air di #TwitRadio di Unisi 104.5 FM. Acara ini sudah yang ke-3 dan seperti biasa saya sebagai guest host-nya! Sebelum masuk pada acara, saya menceritakan 3 topik terheboh di Twitter, antara lain:

  1. Penembakan di premiere Batman The Dark Knight Rises. - Tadinya nama pelaku penembakan, James Holmes, menjadi trending topic (TT) dunia tapi diprotes salah satu keluarga korban untuk tidak membuat namanya terkenal. Lalu nama Holmes hilang dari TT - Twitter korban meninggal di penembakan massal adalah Jessica Ghawi dan Alex Sullivan. - Tweet terakhir Jessica Ghawi: “@jessespector MOVIE DOESN'T START FOR 20 MINUTES" - Tweet terakhir Alex Sullivan: “#TheDarkKnightRises @Reel_Nerds oh man one hour till the movie and its going to be the best BIRTHDAY ever” - Juni lalu, Jessica sempat selamat dalam kasus serupa di Toronto. Tapi sayangnya dalam kasus penembakan bulan ini, nyawanya harus pergi.
  2. Foto hoax kasus kerusuhan antara umat muslim Rohingya dan umat Buddhist yang ada di Burma (Myanmar). Dalam foto itu banyak mayat bergelimpangan dan ada umat Budha berjalan mengelilinginya. Padahal itu adalah foto umat Buddhist di Tibet membantu evakuasi mayat pasca terjadinya gempa di Cina tahun 2010 lalu.
  3. "mEdh bUka pUaSa eAaa cEmenH-cEmenQuHHhhh" menjadi TT setelah @radityadika tweet kalimat itu menjelang berbuka puasa wilayah Jakarta. Sempat ada seorang dari German @alexlehm katakan: “mEdh bUka pUaSa eAaa cEmenH-cEmenQuHHhhh" has to be one of the longest trending keywords ever (plus I don't know what it means)

Setelah itu, kita masuk ke acara utama! Tema #TwitRadio kali ini berhubungan dengan puasa. Bulan ini bulan puasa kita dan tepat juga dengan bulan libur! TV kadang membosankan, mau pergi bingung ngapain, pengennya tidur-tiduran aja. Tapi sambil tiduran enaknya ngapain? Nge-tweet! Nah saya menemukan 3 akun Twitter yang pas banget untuk menemani kita berpuasa, maka tema kita kali ini "3 Akun Teman Puasa".

Bintang tamu kita khusus untuk tema ini antara lain @GardaSatwa, @GenkSahur (a.k.a @GenkBatal), dan @abugetdotcom. Dari @GardaSatwa diwakili oleh @tidvrberjalan dan @Nongki__, dari @GenkSahur diwakilkan oleh @argamoja, @ikramarki_, @SAGABdibalik, dan @abugetdotcom diwakili oleh @inestjokro dan khusus Rindra via telp. Rame bangetttt! Senangnya! Yeyeyey! Berikut beberapa info dan kesimpulan dari pembicaraan kita tadi:

  1. @GardaSatwa adalah akun khusus untuk kita yang peduli pada kesejahteraan binatang. Akun ini mengajak kita untuk berfikir bahwa kita tidak hidup sendiri, yaitu para hewan. Mereka menceritakan kisah rescue stray animals, true sotry rumah jagal warung makan daging anjing di Indonesia, dan beberapa cerita tentang sadisnya pelatihan topeng monyet. Akun ini dilatar belakangi oleh organisasi yang bernama sama dan sudah tercatat secara hukum. Yang ingin gabung dan tanya-tanya bisa langsung mention mereka, atau buka website-nya, atau bahkan add pin BB-nya di 25848CDE. (:
  2. @GenkSahur adalah akun khusus mengajak kita untuk rame-rame nge-tweet tentang sahur kita sambil menunggu sahur. Tidak hanya itu, akun ini memiliki kegiatan sahur bareng yaitu menggrebek kos-kosan atau kontrakan kamu untuk dianterin makanan sahur! Wow! Akun ini juga akan menawarkan beberapa kuis dengan hadiah menarik! Bahkan katanya nanti makanannya ada KFC! Maklum mereka disponsori oleh sebuah provider sehingga dermawan. Hohoho. Tapi mereka membuat saingan sendiri yaitu akun bernama @GenkBatal. Isinya ngajak batal puasa. Hahaha. Yang mau ikutan, follow them dan ikuti kegiatannya!
  3. @abugetdotcom adalah akun khusus video games lover! Pecinta video games sejati ternyata tidak hanya menikmati permainan, tapi juga detail gambar dan lagunya. Katanya Ines, mereka sudah agak sebel dengan games jaman sekarang yang gitu-gitu aja. Padahal dulu banyak yang tema, gambar, dan lagu-lagunya masterpiece. Sehingga akun ini lebih sebagai wadah nostalgia bagi para gamers pada game lawas yang indah-indah itu.

Thank you for listening! (;

PS: Saya on air #TwitRadio setiap Senin, pukul 21.00 hingga 23.00 WIB di Unisi 104.5 FM. Untuk streaming bisa di Jogja Streamers, Nux Radio, atau Tune In. Untuk Blackberry launcher bisa di http://bb.unisifm.com :)