Memaknai Rambut di Dove Sisterhood

Rambut adalah bagian terpenting dalam kecantikan. Bagaimana jika kita membayangkan ada seorang perempuan dengan kaos dan celana pendek tidak matching, kulit berkeringat, wajah tanpa make-up, dan wajah bete nggak punya duit? Pasti tidak menarik. Tapi jika rambutnya rapi, mengembang indah, terlihat mudah diatur, dan bersih, dia akan tetap terlihat menarik. Pasti. Sebaliknya, jika ada seorang perempuan dengan baju pesta cantik, kulit bersih, make-up menawan, wajah ceria, tapi rambut lepek dan terlihat kotor, pasti level menariknya turun 5 point dari 10 point. Sebagian besar perempuan sudah memahami ini sehingga mereka banyak menghabiskan uangnya untuk ke salon, merawat rambutnya atau sekedar cuci blow agar rapi dan indah. Maklumilah. :D

Namun kadang perempuan ingin melakukan hal-hal yang instant. Ingin rambutnya beda, lalu diluruskan atau diwarnai. Ingin rambutnya rapi, di-blow atau dicatok. Ingin rambutnya sehat, tapi malas merawatnya lalu hanya memakai conditioner. Perawatan dan penataan rambut yang instant tentu saja memiliki efek samping, yaitu kerusakan rambut. Pengennya jadi indah, tapi malah merusak. Kan ironis.

Minggu 5 Mei 2013 kemarin Dove dan Majalah Cosmopolitan mengadakan acara Dove Sisterhood di Jogja. Banyak perempuan dari berbagai kalangan diundang untuk hadir merayakan kepedulian kita terhadap rambut. Selain informasi tentang rambut dan perawatannya, acara ini juga memberi inspirasi dari 2 pembicara sukses yaitu Nonita Respati dan Ayu Dyah Pasha. Sebelum acara dimulai, para peserta dan tamu undangan dipersilahkan mencoba hair checkHair check ini untuk menilai bagaimana kualitas rambut kita, apakah sehat, rusak, atau mengkhawatirkan. Hasilnya? Banyak yang kaget karena ternyata rambutnya rusak. Hehehe.

 

Setelah hair check peserta dan tamu undangan dipersilahkan mengikuti talkshow bersama Nonita Respati, seorang desainer dan pengusaha dalam bidang fashion dan kuliner yang sukses dan inspiratif. Sebagai perempuan yang sukses, ia menjadi memiliki jiwa yang percaya diri. Meyakini dirinya sendiri lalu percaya bahwa dirinya bisa menjalani mimpinya dengan usaha-usahanya. Sehingga terciptalah produk fashion batik PURANA dan tempat kuliner Lesehan Mbok Ndoro.

Namun bagaimana menjadi jiwa yang percaya diri seperti Nonita? Talkshow kedua menghadirkan Ayu Dyah Pasha, seorang motivator yang sukses memotivasi kita agar selalu merasa cantik. Bahkan sebelum banyak bercerita dan memotivasi, beliau menayangkan video ini. Bikin nangis.

Video itu menunjukkan realita yang harus dipahami para perempuan. Kadang kita merasa jelek, gendut, hitam, tidak menarik. Tapi ternyata orang lain memiliki pandangan yang lebih positif tentang penampilan kita dibanding pandangan kita sendiri. Lucu ya? Menjadi jiwa yang percaya diri itu lah menjadi sangat penting untuk terlihat cantik. Kata Ayu Dyah Pasha, "kosmetik yang paling cantik adalah senyum tulus dan senyum tulus itu didapat dari jiwa yang percaya diri."

Setelah dibuat terharu, selanjutnya para peserta dan tamu undangan diberi demo mencuci rambut dan menata rambut dengan sehat. Mencuci rambut ternyata jangan digaruk dengan kuku lho. Cukup dengan bantalan jari saja. Sampo diusap di akar rambut dengan bantalan jari, dibilas, dan pastikan hingga bersih. Conditioner tidak usah diusap ke akar rambut, cukup di ujung rambut saja. Gunakan serum-serum untuk mengurangi rambut rontok atau memperbaiki rambut rusak.

Setelah merawat rambut, peserta dan tamu undangna diberi tips cara mengikalkan rambut tampa cantok dan blog panas. Cukup membutuhkan foam, hair dryer angin dingin, dan penjepit rambut aja lho. Jadi setelah rambut dikeringkan setengah kering, usapkan foam ke seluruh rambut, lalu dibari 5 ikat. Seikat rambut dipelintir lalu digulung dan diikat. Setelah semua terpelintir dan terikat, lalu diamkan beberapa menit. Saat sudah waktunya, dibuka dan jadi rambut ikal seperti dicatok! Coba deh! Selain cara mengikal tambut, ada lagi cara mengepang rambut dengan indah. Beberapa peserta baru paham, ternyata gampang banget.

Setelah acara selesai, sebagai tamu undangan, mendapatkan paket ini! Pasti langsung pengen pulang dan cepet-cepet keramas. Terima kasih Dove!