Islam Mengajarkan Kita Menyayangi Binatang

Orang yang tidak menyayangi maka tidak disayangi (oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala).” (HR. Al-Bukhari no. 6013)

Siang ini saya dibuat marah oleh berita di tv: ulat bulu sedang banyak menyerang berbagai kabupaten, lalu karena panik, masyarakat membunuh ulat bulu yang sedang menempel di pohon itu dengan cara dibakar. Ya Tuhan... :(

Sejak kecil saya dididik ibu saya untuk selalu menyayangi binatang dan tidak menyiksanya, apalagi membunuhnya. Jangankan membunuh tikus, membunuh kecoa hingga semut pun dilarang ibu. Kata ibu,

Jangan bunuh binatang sekecil apapun itu. Walaupun kecil, itu adalah nyawa. Kamu tidak bisa menciptakannya

Itulah ibu saya, sangat peduli dengan binatang. Sehingga kasus-kasus penyiksaan binatang selalu menjadi masalah bagi kami, termasuk pembakaran ulat bulu tadi. Lalu teman saya memberitahu, "kalau tidak salah, Islam melarang umatnya membunuh binatang dengan cara dibakar, Mit." Saya antusias mendapatkan sedikit pencerahan ini. Maka saya langsung googling, apakah benar Islam melarang membunuh binatang dengan cara dibakar? Dari hasil googling itu, saya justru menemuan fakta baru dari website yang saya temukan ini:

Islam mewajibkan kita untuk menyayangi semua binatang dan dengan keras melarang kita menyiksa binatang dengan cara apapun. :)

Bahkan dalam website tersebut, ternyata Islam mengajarkan umatnya untuk memperhatikan hak-hak binatang. Seperti memberikan makanan dan minuman, tidak memeras tenaga binatang, diwajibkan untuk menajamkan pisau yang akan dipakai untuk menyembelih, dilarang menjadikan binatang yang hidup sebagai sasaran dalam latihan memanah dan semisalnya.

Nabi Muhammad SAW pun pernah memarahi seseorang yang memeras tenaga unta peliharaannya. Nabi SAW berkata,

Tidakkah kamu takut kepada Allah SWT dalam (memperlakukan) binatang ini yang Allah SWT menjadikanmu memilikinya? Sesungguhnya unta ini mengeluh kepadaku bahwa kamu meletihkannya dengan banyak bekerja.

Saya senang sekali mendapatkan informasi ini. Bahwa sesungguhnya Islam adalah agama yang penuh cinta dan kasih sayang, kepada manusia maupun binatang. :)