Cerita Gambar: Keep Calm and Carry On


Keep Calm and Carry On adalah poster yang diproduksi oleh pemerintah Inggris pada tahun 1939 pada awal Perang Dunia Kedua. Poster ini dimaksudkan untuk meningkatkan moral dan semangat masyarakat Inggris dalam menghadapi masa perang.
Amazingly, 73 tahun design-nya belum basi. Bahkan pada tahun 2000, beberapa produk seperti baju, mug, dan merchandise terinspirasi design ini hingga sekarang.


Juni 2012 nanti, Olimpiade akan dilaksanakan di London, Inggris. Sebagai tuan rumah, Inggris menciptakan logo Olimpiade 2012 seperti di atas. Banyak yang tidak menyukai logo ini. Ada pula yang melihat logo ini seperti atlit judo yang lututnya lecet keseleo. Sebuah logo yang aneh dan di luar nalar kita. Tapi apakah design Keep Calm and Carry On dipandang sama anehnya oleh orang-orang di masa itu, seperti kita memandang aneh design logo Olimpiade 2012? Mungkin saja. Kalo melihat pergerakan seni Inggris yang progresif, sepertinya justru kita yang ketinggalan jaman. Seniman Inggris selangkah lebih maju dan terbukti mampu membuat design-nya tidak basi dalam waktu puluhan tahun.