Agama Kita Saat Ini

Katolik, Kristen, maupun Islam lahir di saat genting: manusia berubah menjadi setan, sebuah krisis kemanusiaan. Di zaman seperti inilah, agama-agama ini muncul mengajarkan ilmu kehidupan. Katolik muncul mengajarkan manusia untuk saling mengasihi. Kristen muncul mengajarkan manusia untuk tidak menyalahgunakan kekuasaan. Islam muncul mengajarkan manusia pada keadilan dan logika. Agama-agama ini datang untuk manusia yang sedang membutuhkan pencerahan di masanya. Lalu sekarang?
Sekarang justru agama menjadi akar dari kegelapan, yaitu peperangan. Saling mencaci, saling membakar kitab, saling membunuh, saling menghancurkan demi agamanya. Padahal agama tak pernah meminta kita untuk membelanya. Agama hanya ingin menuntun manusia menjadi jiwa yang peduli terhadap dunia dengan tetap menggunakan logikanya. Itu saja. Sederhana tapi penting.
Lalu jika agama justru menjadi akar dari peperangan seperti sekarang, apakah akan muncul agama baru untuk memperbaiki jaman ini? Ya tentu saja, agama itu adalah saling mengingatkan. Dan hari ini teman saya Andrew Lumban Gaol mengirimkan poster ini kepada saya. Hari ini saya diingatkan. Kita diingatkan. Semoga setelah ini kitalah yang mengingatkan. PS: Poster ini gratis dan bisa diunduh disini. Tetapi bukan untuk kepentingan komersial. Use it only to raise awareness. Join the fun!